Tuesday, March 28, 2017

Service AC rumah

Salam sejahtera....

Tima kasih kerana menjenguk blog aku.

Apa aku bersyukur atas rezeki yg allah berikan pada ku.
Kat sini aku nk kongsikn apa yg berlaku kes ari ni.
Ada owner minta aku tambah gas ac york 1.5 hp. Katanya ac x sejuk.
Apabila aku buat checking unit dapati setelah on ac dalam 10 min paip nepel mula membeku putih, lalu aku matikn ac. Setelah risikan penuh terdapa in door dan outdoor kotor penuh habuk kotor.
Dan aku sarankn pada owner supaya buat service. Owner setuju.
Tanpa buang masa lalu aku bongkar dan service indoor n outdoor service berchamical.
Setelah selesai kerja service lalu owner tnya aku kos service dan isi gas. Untuk service aku cas rm150 dan isi gas ,vacuum check bocor paip sistem rm230 . owner ckp x dak duit..  Apa pun owner bayar duit service sahaja rm150 untuk gas biar dulu katanya duit x dak, aku pun layan jelah..
Apa yg aku kecewA adalah sikap org melayu segelintir... Kalau cina buat mahal mna pun bayar tapi kalau bangsa sendiri berat nk bayar padahal yg kerjanya org melayu tokey cina.
Tak taulah nk cakap ...
Korang yg buat kerja air cond tolong pastikan pengiraan kos sebelum buat kerja. Orang melayu nak semua murah tapi nk berqualiti.

Sekian...
#sokongorangmelayu
Zainimekanik. Blogsport. Com
28/03/2017

Saturday, March 25, 2017

Nasihat dan harga service air cond kereta


Nasihat Untuk Pemilik MYVI

Kepada pemilik kenderaan PERODUA dari semenjak kenderaan ini dikeluarkan hingga sekarang. Agak-agaknya, sudah berapa kali alat penghawa dingin kenderaan tersebut di hantar kepada yang pakar untuk diselenggara.

Berikut adalah kos untuk menyelenggara penghawa dingin PERODUA MYVI.

Rm 250-Rm280.00

Kerja - kerja yang dijalankan ;

1. membuka panel hadapan kenderaan (dashboard) .
2. menanggalkan cooling coil set di tengah-tengah dashboard
3. menservis cooling coil.
4. menambah minyak compressor.
5. pemasangan semula cooling coil dan dashboard.
6. gas r134a free on.

Dan sekiranya pemilik berasa berat untuk mengeluarkan Rm 280.00. Ini adalah kos yang terpaksa ditanggung sekiranya sistem hawa dingin breakdown,,

1.compressor original Rm400.00 - Rm 600.00
2.cooling coil Rm 200.00-Rm400.00
3. kondensor Rm 300.00-Rm 400.00
4. valve Rm180.00-Rm280.00
5.flushing pipe Rm100.00-Rm150.00
6. gas r134a Rm80.00-Rm90.00

Sekian, terima kasih.

ALAT GANTI AIRCOND KENDERAAN

1. Compressor

2. Expansion Valve

3. Filter Drier

4. Preasure Switch

5. Cooling Coil

6. Kondenser

7. Kondenser Fan

8. Fan Motor (kondenser)

9. Blower Motor

10. Suction Paip

11. Charging Paip

12. Compressor Pully

Dan lain-lain yang berkaitan.

COOLING COIL

Terletak di bawah tempat letak kaki penumpang hadapan. Untuk kenderaan baru ada yang terletak di tengah-tengah dashboard. Harga dari Rm 280.00 hingga 1000.00 mengikut jenis kenderaan. Perlu dilakukan pembersihan setahun sekali.

COMPRESSOR

Terletak pada bahagian enjin. Jarang mengalami kerosakan. Tetapi perlu dijalankan pemeriksaan sekurang-kurangnya setahun sekali.

Harga dari Rm 300 hingga Rm 2000.00 mengikut model.

HARGA SERVIS AIRCOND

Anggaran harga servis aircond di area Johor Bahru lebih kurang RM 50.00- RM 80.00

Kalau area bandar, rasanya ada lebih sikit. Takde tukar barang, Hanya buat servis

jer dan masuk gas ( R12 atau R134A). Tapi, kalau ada tukar barang seperti filter

drier (bentuk mcm botol terletak dalam bahagian enjin warna silver atau hitam) dan

expansion valve (warna emas) jumlah lebih kurang RM 250.00 . Tapi, kalau ada

kebocoran kos nye lebih sikit. Bergantung pada alat ganti yang di tukar. Sebab tu

pengguna-pengguna kenderaan kena periksa aircond kenderaan setahun sekali. Sekurang-

kurangnya mereka dapat tahu problem yang berlaku pada aircond kenderaan mereka.

HARGA SPARE PART AIRCOND (ANGGARAN)

Harga yang di beri ini merupakan anggaran, dan harga ini adalah lebih kurang sama dengan mana-mana negeri di dalam semenanjung Malaysia.

Sekiranya perkakasan system aircond berada didalam keadaan baik, cuma pembersihan habuk-habuk dan tambahan gas yang sudah berkurangan kos nya antara RM 30 – RM80. Bergantung pada sesebuah kedai dan harga semasa barang mentah (Gas)
Sekiranya perkakasan (part) rosak caj tambahan dikenakan mengikut jenis kerosakan antaranya
- Reciever Dryer (RM 50 -70)
- Expansion valve(RM 90- 130)
- Cooling coil (RM 200 – 300)
- Condenser ( RM 250 – 350)
- Compressor ( RM 300 – 1000) mengikut model kereta dan model compressor
- Motor Kipas aircond radiator – RM 140 – RM100 (baru)
Sila semak terlebih dahulu harga-harga barangan sebelum pengantian dilakukan bagi mengelakkan kos yang tinggi. Sebaik-baiknya minta penerangan yang jelas sekiranya mekanik anda menyatakan sesuatu barang perlu ditukar.

Monday, March 20, 2017

DIY compressor kulkas

Pertama-tama saya akan menjelaskan komponen-komponen yang terdapat pada  kompresor. Diagram diatas adalah kompresor jenis ‘direct driven’ dimana kompresor dan motor menjadi satu tanpa tali penggerak/vbelt. Berikut adalah komponen-komponen dari kompresor dan fungsinya:

1. Kompresor: untuk memompakan udara dari luar ke dalam tanki.
2. Katup hisap: untuk menghisap udara, biasanya dilengkapi dengan filter udara.
3. Katup satu arah: untuk mencegah tekanan udara yang telah masuk ke dalam tangki kembali ke kompresor.
4. Tangki angin: tempat untuk menyimpan angin.
5. Otomatis: alat yang berfungsi untuk menghentikan kerja kompresor/motor saat tangki mencapai tekanan tertentu/penuh.
6. Pressure Gauge: pengukur tekanan angin.
7. Unloader Valve: katup yg terdapat dalam otomatis untuk membuang tekanan angin pada saluran/pipa kompresor maupun kompresor pada saat kompresor berhenti agar kerja kompresor/motor tidak berat saat start awal.
8. Relief Valve: untuk membuang angin pada kompresor saat otomatis tidak bekerja, sehingga mencegah tangki meledak karena overload.

Pada kompresor yg saya buat, saya tidak menggunakan katus satu arah, unloader valve dan relief valve namum masih dapat bekerja dengan baik, tetapi bila anda memiliki komponen-komponen tersebut disarankan untuk memasangkan nya pada kompresor yang akan anda buat.

BAHAN:

Kompresor kulkas/ac
Tabung freon kosong
Otomatis kompresor
Pipa tembaga 1/4”
Double nepple 1/4”
Mur M10mm, 2 buah
Mur M14mm
Pressure gauge
Keran 1/4”
Plat besi 1mm secukupnya
ALAT:

Las
Gerinda
Bor (mata bor 10mm,8mm)
Solder,Timah solder
Pasta solder
Flaring tool
Obeng +
Kunci pas 11,12
Snei M10 x 1,25
CARA MEMBUAT:

1. Pertama-tama kita akan membuat kaki untuk tangki angin menggunakan plat besi tipis yg ditekuk sebanyak 4 buah dan dipasang dan di las pada bagian bawah tabung freon.

2. Selanjutnya kita akan membuat dudukan untuk kompresor pada bagian atas tabung/tangki menggunakan plat besi. Ukuran kompresor dan lubang baut kemungkinan besar berbeda-beda, jadi anda bisa mengukurnya dan membuatnya sesuai dengan kompresor yang anda miliki. Saya mengelas 4 buat mur pada plat agar memudahkan pemasangan kompresor nanti nya.

Kedudukankompresor

3. Sekarang kita akan membuat tempat untuk memasang otomatis menggunakan mur M14mm. Buat lubang pada bagian atas tabung menggunakan mata bor 10mm, pasang mur dan las dengan baik hingga tidak ada kebocoran.

lubang otomatis

4.  Jika sudah, sekarang kita akan membuat tempat untuk pipa dari kompresor menuju ke dalam tangki. Siapkan 2 buah mur M10mm dan las menjadi satu.

murpipakompresor

Jika mur sudah di las sekarang kita akan memasang nya pada tangki. Buat lubang pada tangki menggunakan mata bor 8mm dan las mur diatas tangki yang sudah diberi lubang.

Lubang pipajadi

5. Mur yang kita pasang pada langkah sebelumnya ini adalah tempat untuk memasangkan napple, tetapi karena drat pada napple berbeda dengan mur tersebut kita harus merubah drat pada napple menggunakan snei m10 x 1,25. Jepit lah napple pada ragum dan perlahan-lahan putar snei sehingga menghasilkan drat baru.

sneinapplekompresor

Sekarang napple sudah dapat dimasukan ke dalam mur M10 yang tadi dibuat, Beri selotip pipa atau lem besi bila perlu dan kencangkan.

6. Siapkan pipa tembaga 1/4 inch, masukan nut 1/4inch ke dalam pipa dan gunakan flaring tools untuk membesarkan bagian ujung dari pipa tersebut.

flarepipa

7. Letakan kompresor pada atas tangki dan sambung pipa yg tadi kita buat ke kompresor menggunakan timah dan api las. Bersihkan kedua permukaan pipa yang akan disambung menggunakan amplas dan beri pasta solder agar timah dapat melekat dengan baik.

solder

Jika kedua pipa sudah disambungkan, pasang ujung pipa ke napple pada tangki dan kencangkan.

solderselesai

8.  Pasang keran 1/4” pada mur yg telah kita buat pada langkah ke 3. Beri selotip/lem besi bila perlu agar sambungan tidak bocor. Pastikan keran pada posisi terbuka dan anda lepas tuas keran bila perlu agar tidak menggangu saat pemasangan otomatis.

9. Pasang otomatis di keran yang baru saja dipasang, tambahkan selotip pipa untuk mencegah kebocoran.

pasang otomatis kompresor

10. jika otomatis sudah terpasang dengan baik, pasanglah kabel dari kompresor dan steker. diagram otomatis kompresor

11. Selanjutnya pasang pressure gauge lalu nyalakan kompresor dan cari kebocoran pada setiap sambungan menggunakan air sabun.

Jika sudah tidak ditemukan kebocoran anda bisa melakukan pengecatan agar hasil akhir nya lebih bagus. Jangan lupa untuk memastikan otomatis bekerja dengan baik, normalnya otomatis akan bekerja saat tekanan dalam tangki mencapai sekitar 150 psi.

buat sendiri kompresor angin
#belumcubabelumtau
#zainispecialistaircond
Zainimekanik. Blogsport. Com

Sekian ...

Monday, March 13, 2017

Cara kerja sistem AC mobil


Komponen - Komponen Utama AC Mobil meliputi :

Kompresor ( compresor )
Berfungsi memberikan tekanan pada zat pendingin ( refrigerants ) agar bersikulasi pada sistem. Kompresor ada dua jenis yaitu jenis rotari (gerakan rotor di dalam stator kompresor akan menghisap dan menekan zat pendingin ) dan torak ( untuk menghisap dan menekan zat pendingin dilakukan oleh gerakan torak di dalam silinder kompresor ). Agar kinerja kompresor tidak terlalu membebani mesin dan lebih awet maka dipasangi alat bernama pressure swicth untuk mengatur secara otomatis jalannya kompresor.

Keuntungan kompresor rotari :

*Karena setiap putaran menghasilkan langkah – langkah hisap dan tekan secara bersamaan, maka momen putar lebih merata akibatnya getaran/kejutan lebih kecil.
*Ukuran dimensinya dapat dibuat lebih kecil & menghemat tempat.

Kerugian :

*Sampai saat ini hanya dipakai untuk sistem AC yang kecil saja sebab pada volume yang besar, rumah dan rotornya harus besar pula dan kipas pada rotor tidak cukup kuat menahan gesekan.

Kondensor / Kondensator ( condenser )

Berfungsi mendinginkan atau memperkecil kalor zat pendingin yang telah diberi tekanan oleh kompresor. Pada saat diberi tekanan kompresor suhu zat pendingin menjadi panas, setelah melewati kondensor menjadi dingin dan berubah jadi cair.

Receiver Dryer / Drier

Berfungsi menyerap atau mengeringkan uap air sebagai efek pendinginan zat pendingin dari kondensor.

Katup Ekspansi ( expansion valve )

Berfungsi menurunkan tekanan zat pendingin dari kondensor sebelum masuk ke evaporator, tujuannya agar zat pendingin berfungsi optimal menyerap panas di sekitar evaporator. Bentuk ekspansi ada yang kotak dan kapiler. Hati - hati jangan sembarangan gonta - ganti atau mencampur jenis zat pendingin, sesuaikan dengan spesifikasi AC anda agar sistem terhindar dari kerusakan mengingat karakter zat pendingin berbeda - beda.

Katup Ekspansi ( expansion valve )

erfungsi mengambil panas zat pendingin agar menjadi lebih dingin serta merubahnya menjadi gas. Sepintas mirip kondensor cuma evaporator lebih banyak mengambil panas dibandingkan kondensor. Evaporator diletakkan dalam dashboard mobil dan dilengkapi motor blower atau kipas peniup untuk menghembuskan udara dingin ke dalam kabin mobil. Agar udara yang ditiup bersih maka diperlukan filter untuk menyaring kotoran yang ikut tertiup blower.

Zat Pendingin ( Refigerant )

Dahulu yang umum dipakai adalah freon jenis R - 12 namun karena merusak lapisan ozon maka diganti dengan jenis R 134a yang ramah lingkungan. Namun perlu diketahui AC yang didesain menggunakan zat pendingin R - 12 tidak boleh begitu saja dicampur atau full diganti R 134a tanpa mengganti beberapa sparepart sistem AC dan jenis oli kompresor. Hal ini mengingat molekul R 134a lebih kecil dari R - 12. Kalau anda memaksakan mencampur tanpa mengganti spare part dan oli kompresor maka dipastikan kompresor macet / rusak serta sering freon habis karena bocor. Oli kompresor R - 12 adalah ND-OIL6 (mineral oil) atau ND-OIL7 sedangkan Oli kompresor R134a adalah ND-OIL8 (synthetic oil) atau ND-OIL9.
.Proses Kerja AC Mobil
Setelah anda mengetahui fungsi dari semua komponen AC mobil, maka selanjutnya mengetahui proses kerja sistem AC mobil sebagai berikut:
ac expansion valve system Prinsip Kerja AC Mobil Anda

Zat pendingin bertekanan tinggi dari kompresor berupa gas.
Zat pendingin yang sudah didinginkan oleh kondensor berubah bentuk dari gas menjadi cair.
Zat pendingin yang telah diturunkan tekanannya oleh katup ekspansi, berubah bentuk menjadi uap.
Zat pendingin yang telah menyerap panas pada evaporator berubah bentuk menjadi gas.
Zat pendingin yang berbentuk gas diberi tekanan oleh kompresor sehingga beredar dalam sistem AC,karena adanya tekanan maka zat pendingin menjadi panas.
Kondensor akan medinginkan zat pendingin tersebut (kondensasi),sementara tekanan zat pendingin masih tetap tinggi dan berubah bentuk menjadi cair.
Dengan demikian ac mobil mempunyai fungsi mengatur suhu udara, mengatur sirkulasi udara, mengatur kelembaban (humidity) udara, dan mengatur kebersihan udara. Sehingga salah satu dari beberapa banyaknya perangkat mobil yang sangat penting adalah ac mobil.

Tata letak komponen AC Mobil

Cara Mudah Merawat AC Mobil Anda

Berbicara masalah AC Mobil sebenarnya tidaklah jauh berbeda dengan AC lainnya, pada dasarnya berkendaraan Mobil akan terasa nyaman, jika penyejuk udara (AC) bekerja dengan sempurna. Sekarang ini, AC sudah menjadi suatu kebutuhan apalagi dikota besar. Jika AC tidak dingin, keadaan pun menjadi tidak nyaman, dan jalan keluarnya adalah membuka kaca jendeia mobil. Namun jika kaca jendela tersebut dibuka, maka debu dan asap kendaraan akan masuk, dan sebaliknya jika ditutup ruangan akan terasa panas dan pengap. Gangguan pada AC biasanya dikarenakan kurangnya perawatan. Tips berikut ini dapat membantu Anda melakukan perawatan AC sendiri sebelum kondisi AC menjadi rusak berat:

1. Jagalah selalu kebersihan kabin dari debu dan kotoran. Terutama karpet 2 lembar yang didepan karena akan tersedot kedalam evaporator (lembab) sehingga terjadi jamur dan spora sangat tidak baik buat kesehatan, dan menimbulkan bau yg tidak enak bila pertama kali AC dihidupkan.

2. Saat mencuci mobil, buka kap mesinnya dan semprotkan air yang kencang pada bagian Condensor AC (yang bentuknya mirip radiator dan biasanya terletak di depan radiator) kotoran atau debu yang menempel bila dibiarkan akan mengeras bisa mengakibatkan korosi atau keropos sehingga menjadi bocor pada bagian kondensor AC, atur tekanan air sebelum di semprotkan pada unit condensor AC (kurangi tekanan airnya)

3. Memilih tempat parkir yang teduh jika parkir kendaraan dalam waktu yang cukup lama, Karena kalau di tempat panas biasanya pas pengemudi masuk, ruang dalam cukup panas dan mengakibatkan membutuhkan proses pendinginan yang lama. Selain itu beban pendinginan saat mobil berjalan pun ikut tinggi.

4. Periksalah ExtraFan (kipas) yang didepan Condensor apakah berputar bila AC dinyalakankan. Bila tidak segera ganti, akan mengakibatkan Compressor AC rusak atau selang highpress bisa meledak.

5. Jangan merokok di dalam mobil karena asapnya bisa mengotori Evaporator AC/Cooling Coil Unit karena nikotin yang lengket dan akan berlendir serta menimbulkan bau tak sedap dan susah untuk dihilangkan.

6. Jangan memaksimalkan beban AC saat kendaraan melaju kencang dengan menurunkan temperaturnya.

7. Sebelum menyalakan mesin matikan AC terlebih dahulu, sesudah mesin stabil baru AC dinyalakankan. Begitu pun sebaliknya, matikan AC terlebih dahulu sebelum anda mematikan mesin mobil anda.

8. Jangan memakai pengharum wewangian yang mutunya kurang jelas, akan menimbulkan bau dan sulit untuk dibersihkan. Dan jangan memakai pengharum model colok/gantung ke GRILL sebab sering mengakibatkan GRILL/angin-anginan patah (karena sebagian GRILL sulit diperoleh di pasaran).
sumber : http://aria-info.blogspot.co.uk/2009/12/ac-air-conditioner-mobil.html

Rangkaian Dasar Kelistrikan AC Mobil

Berikut adalah rangkaian dasar dari sistem kelistrikan AC yang digunakan pada mobil :

Keterangan :

Pada gambar diatas terdiri atas dua bagian besar, yaitu rangkaian blower dan rangkaian thermostat.

Rangkaian Blower berfungsi untuk mengatur kecepatan kipas blower dengan menggunakan switch / saklar blower. Rangkaian ini hanya dasar, dan pada dasarnya setiap AC mobil menggunakan alur ini, namun dengan berbagai tambahan sesuai dengan kebutuhan.

Rangkaian Thermostat berfungsi untuk menghubungkan dan memutuskan arus secara otomatis. Hal ni terjadi berdasarkan besar suhu yang di terima oleh komponen thermostat. Jika suhu pada ruangan sudah dingin, maka secara otomatis thermostat akan memutuskan arus yang mengalir ke kopling magnet yang ada dikompresor dengan menggunakan relay, sehingga kompresor berhenti bekerja. Sebaliknya, jika suhu di ruangan panas atau tidak sesuai dengan keinginan pengguna yang di setel pada panel pengatur suhu, maka thermostat akan membuka arus yang mengalir ke kopling magnet dengan menggunakan relay. Sehingga kompresor bekerja.
Sumber : http://otogembel.wordpress.com/2012/09/22/komponen-ac-mobil/
Masalah AC Mobil dan Solusinya

Cara Kerja Ac Mobil Langkah pertama untuk memahami cara kerja ac mobil atau ac rumah adalah anda harus memahami masalah hubungan pressure and temperature. Hubungan suhu dan tekanan, karena pada dasarnya cara kerja ac adalah simulasi hubungan antara suhu dan tekanan bahan pendingin didalam pipa /selang yang dihubungkan secara seri.antara satu alat dengan alat yang lainnya. contoh yang paling mantap adalah hubungan suhu udara dengan tekanan atmospher seperti contoh gambar dibawah ini :

sekarang sudah terbayang jika kita ada di puncak mount everest diatas ketinggian 8,8 km diatas permukaan laut. suhu dapat mencapai minus 40 derajat celcius tekanan udara rendah. alias kurang oksigen dibandingkan dengan kota tangerang suhu dapat mencapai 35 derajat celcius tapi anda dapat bernapas lega udara dapat dihirup secara gratis.
Contoh hubungan antara suhu dan tekanan yang juga mantap seperti dibawah ini

akhirnya oleh para ahli fisika, kimia dan ahli mekanik diciptakan sebuah alat mesin pendingin dan bahan pendingin /Refrigerant seperti R-12, R-22 R-134a dll yang memanfaatkan perubahan suhu dan tekanan bahan pendingin tersebut untuk kepentingan umat manusia. zat-zat bahan pendingin tersebut harus aman, tidak berbau, tidak meledak, tidak beracun.
Hubungan suhu dan tekanan R134 & R12 yang biasa dipakai di mobil

Cara kerja ac mobil Dalam diagram dibawah ini dapat saya uraikan sebagai berikut : ketika anda menekan tombol ac di dasbor mobil anda dalam keadaan mesin mobil hidup, maka arus listrik positip langsung meluncur ke kopling kompresor / magnetic clutch karena ada arus listrik maka kopling kompresor berubah menjadi magnet dan menekan kompresor dan ahirnya kompresor bergerak, katup hisap mengisap pada jalur pipa area biru seperti pada gambar

Magnetic clutch Diagram Ac Mobil
hasil hisapan piston kompresor bahan pendingin kemudian ditekan, bahan pendingin merubah suhunya menjadi panas akibat tekanan piston, kemudian bahan pendingin/freon masuk ke condensor untuk didinginkan agar merubah wujud dari vapor/gas menjadi cairan selanjutnya gas sudah merubah wujud menjadi cairan masuk ke dryer/saringan agar jangan sampai ada kotoran/gram, karena gas cairan bahan pendingin akan masuk ke area yang sangat kecil/sempit yaitu keran ekspansi. selanjutnya cairan bahan pendingin masuk keran ekspansi untuk masuk ke area evaporator karena lubungnya teramat kecil, sementara kompresor terus mengisap area evaporator / area warna biru tekanannya menjadi rendah ketika sebagian kecil bahan pendingin dapat menerobos lubang keran ekspansi maka tekan area biru bahan pendingin berkisar 25 s/d 35 PSi inilah yang didesain oleh para ahli pembuat ac. kita lihat tabel tekanan R134a 25-35 psi adalah 29 s/d 40 derajat F dingin, sedangkan tekanan area merah 135 s/d 155 psi suhunya 105 s/d 115 F hangat. akibatnya evaporator menjadi dingin akibat dari bahan pendingin menguap pada tekanan 25-35 psi, sesuai dengan desain. selanjutnya blower meniupkan angin melewati evaporator yang sudah dingin, akibatnya udara yang keluar didasbor menjadi dingin sesuai dengan yang diharapkan.

cara kerja kompresor tipe piston
1. kompressor 

Tip membeli kompresor bekas ex singapura : tekan katup buang/tekan oleh ibu jari tangan kiri anda, sementara tangan kanan anda memutar magnetic clutch 3-5 kali putaran, kemudian rasakan apakah ada tekanan angin pada ibu jari tangan anda jika ada pertanda kompresor masih bagus. jika tesnya melalui katup hisap, 3-5 kali putaran tangan anda merasa tersedot pertanda kompresor masih sangt bagus. 
2. Condenser

condensor berfungsi untuk merubah freon dalam wujud gas dirubah menjadi bentuk cairan, condensor umumnya terbuat dari pipa bahan almunium atau tembaga jika ditarik lurus pipa kondensor panjangnya dapat mencapai 12-14 meter.

3. Drier

drier berfungsi untuk menyaring kotoran agar bahan pendingin bersih dari kotoran-kotoran gram pertikel besi ataupun yang lainnya dan juga berfungsi untuk melihat apakah freon sudah menjadi cairan dan juga berfungsi untuk melihat apakah freon sudah full ketika freon diisikan kedalam sistem , ciri tes drier masih bagus atau buruk/jelek adalah cukup ditiup oleh tekanan mulut kita, jika tiupan terasa enteng maka drier masih cukup bagus untuk digunakan kembali.
4. expansion valve

expansion valve - keran ekspansi berfungsi untuk mengatur seberapa banyak freon yang masuk kedalam evaporator dan secara otomatis.

5. Evaporator 

evaporator berfungsi sebagai tempat menguapnya cairan bahan pendingin sesuai dengan yang didesain tekanan freon antara 25 - 35 psi lihat tabel suhunya 29-40 derajat fahrenheit Blower dan evaporator dalam satu unit

6. Blower

blower berfungsi untuk meniupkan udara dingin yang dihasilkan oleh evaporator ke ruang kabin kendaraan
7. Thermostat

Fungsi thermostat adalah pengatur suhu seberapa besar suhu yang diinginkan, umum ada dua konektor satu terhubung ke magnetic clutch kompresor yang satu lagi terhubung ke tombol dasbor ke jalur listrik positip atau ke relay sesuai dengan desain mobil. cara kerjanya jika suhu di evaporator yang diinginkan sudah tercapai maka themostat akan memutuskan arus listrik, maka compressor berhenti istirahat. erputar. maka proses pendinginan terhenti. ketika suhu evaporator dinginnya mulai berkurang, maka arus listrik terhubung kembali. dan kompresor berputar kembali.

Berikut Termometer untuk mengukur suhu udara angin blower
 

Berikut Bahan Pendingin R-134a

Berikut Manifold gauge

Manifold gauge berfungsi untuk memasukan bahan pendingin, mengukur tekanan jalur pipa tekanan rendah dan jalur pipa tekanan tinggi, dan juga berfungsi untuk mendiagnosis masalah/causes ac mobil. harga satu set manifold gauge relatip murah 75 ribu s/d 150 ribu, saya saran kan belinya di toko alat alat ac rumah harga lebih murah. Masalah Ac Mobil dan Solusinya Masalah ac mobil kurang dingin Berikut ini saya uraikan cara mendiagnosis masalah ac mobil, jika ac mobil anda dalam masalah. Melalui metode pengukuran tekanan sisi bagian rendah dan sisi bagian tinggi , maka dengan mudah menditeksi penyebab masalah ac mobil anda. cara diagnosis kerusakan ac mobil sebaiknya mobil jangan dihidupkan dahulu.! langkah pertama hubungkan selang gauge tekanan rendah pentil low pressure service value dan selang yang satu ke pentil high pressure service value pastikan gas freon tidak ada yang keluar dari pentil service. tekanan sisi rendah dan sisi tinggi relatip sama. Langkah kedua hidupkan mobil kontak ac hidupkan dalam keadaan langsam. atau posisi mesin pada RPM 2000. lihat tekanan sisi rendah dan sisi tinggi amati. seberapa besar tekanannya Standar Operasi Normal Ac mobil dingin mantap low side 25-35 psi High side 135-155 Psi Sebagai panduan untuk menditeksi masalah ac mobil anda Tabel dibawah ini bisa dijadikan panduan Kemungkinan alat yang rusak Ambient Temperature Skala ° F Low side Gauge Psi High side gauge Psi Compressor 90 50 120 Condenser 95 55 300 Drier 100 5 305 Keran Ekspansi 95 2 170 Keran ekspansi 95 55 160 Thermostat 97 10 205 Thermostat 98 60 210

Masalah AC mobil Tidak Dingin Dalam kasus ini biasanya yang keluar dari blower hanya angin saja dinginnya sama sekali tidak ada, maka yang harus dilakukan ada beberapa langkah pengecekan : periksa fan belt cek magnetic clutch cek sensor tekanan periksa sekering ac periksa relay ac periksa bahan pendingin

langkah pertama hidupkan mobil dan sistem ac dalam keadaan on, periksa drive belt apakah berputar, jika berputar selanjutnya cek magnetic clutch apakah ikut berputar, jika tidak berputar dapat dipastikan magnet tidak menerima arus listrik langkah 2 selanjutnya cek sensor tekanan

coba hubungkan dua kutub sensor tekanan dengan menggunakan kabel pendek jika magnetic clutch berputar dapat dipastikan penyebab kerusakan adalah sensor tekanan dalam keadaan ac normal tanpa sensor dapat ac mobil dapat digunakan. jika magnetic clutch tetap tidak berputar selajutnya test arus listrik, ambil tespen periksa 2 kutub sensor tekanan, jika tespen tidak menyala dapat dipastikan kerusakannya pada area relay atau sekering, lokasi sekering a/c atau relay biasanya ada dibawah dasbor.didekat area mesin biasanya kotak sekering maupun relay tertulis A/C

jika semua sistem kelistrikan sudah ok namun ac tidak dingin : ada dua kemungkinan penyebabnya bahan pendingin habis coba cek pentil untuk memasukan bahan pendingin ,ditekan pakai paku atau obeng plus jika bahan pendingin masih ada, selanjutnya lakukan langkah matikan mesin : tes magnetic clutch lepas soket hubungkan dengan kabel 1 meter kemudian langsung jumper ke terminal positip aki jika tidak terdengan bunyi : trek2 dapat dipastikan magnetnya rusaksumber : http://wisnusantoso1.blogspot.co.uk/2012/10/masalah-ac-mobil-dan-solusinya.html

Tambahan :
DIAGNOSA KERUSAKAN AC
Bermacam cara dapat dilaksanakan untuk pengetesan sistem AC, antara lain:
1. Tes tekanan
2. Tes temperatur
3. Tes kebocoran

1. Tes Tekanan.

Untuk melakukan tes tekanan, mesin harus berputar pada > 2000 Rpm. Sistem AC yang bekerja normal saluran hisap (Tekanan Rendah) kompresor, zat pendingin harus berupa gas dengan tekanan 1,5 – 2 bar (21 – 29 psi).Pada saluran tekan (Tekanan Tinggi) kompresor zat pendingin masih berbentuk gas dengan tekanan 14,5 – 20 bar (200 – 213 psi).

a. Kedua manometer menunjukkan tekanan yang rendah dari semestinya

Gambar Manometer menunjukkan tekanan lebih rendah

Penyebab :
Tekanan yang kurang pada saluran tekan dan saluran hisap kompresor menunjukkan zat pendingin yang beredar dalam sistem volumenya sudah berkurang.
Kekurangan zat pendingin yang sudah diisi penuh disebabkan kebocoran pada sistem, akibatnya sistem AC bekerja tidak efisien (AC kurang dingin).
Bila tekanan tinggi diukur setelah saringan, hal ini bisa menunjukkan saringan sudah kotor.

b. Kedua manometer menunjukkan tekanan yang lebih besar

Gambar manometer menunjukkan tekanan yang lebih besar

Penyebab :
Pengisian zat pendingin terlalu banyak.Tekanan pada bagian tekanan tinggi akan naik, volume zat pendingin yang disemprotkan katup ekspansi akan lebih besar, menyebabkan saluran tekanan rendah naik pula tekanannya.
Pendingin kondensor yang kurang baik, menyebabkan temperatur evaporator menjadi naik, dan tekanan pipa kontrol katup ekspansi akan naik juga mengakibatkan katup ekspansi akan selalu membuka. Tekanan kedua bagian saluran tekanan tinggi dan rendah akan naik.
Bila manometer menunjukkan tekanan yang lebih besar lagi pada kedua saluran, hal ini berarti ada uap air yang beredar dalam sistem.
Pengisian zat pendingin yang terlalu banyak harus dihindari, karena sistem AC bekerja lebih berat dan terasa kurang dingin.

c. Manomater tekanan rendah lebih tinggi dan manometer tekanan tinggi lebih rendah

Langkah isi gas mobil.


Sediakan alat
1. manifold gauge (alat pembaca tekanan rendah dan tinggi)
2. tabung Freon R12.

Perhatikan langkah berikut.
1. Pada Manifold Gauge, terdapat 3 selang. Warna kuning yang di tengah terhubung ke Tabung Freon, Warna Biru terhubung ke Low Pressure Pentil (Pentil yang dekat dengan selang ac yg dingin saat ac dinyalakan), dan selang terakhir berwarna merah terhubung ke High Pressure Pentil (selang yg menuju kondenser di bagian depan mobil, yg biasanya dekat dengan radiator dan juga didinginkan dengan kipas elektrik).
2. Pastikan semua valve dalam keadaan tertutup, lalu hubungkan tiap selang ke portnya masing2x.
3. Buka sedikit valve dari tabung, lalu longgarkan sedikit mur selang kuning yang menempel ke Manifold gauge. Tunggu sampai terdengar bunyi Hiss selama 4 detik. Tujuannya untuk membuang udara yang ada dalam selang kuning dan menggantinya dengan Freon.
4. Tutup/rapatkan kembali mur pada selang kuning di manifold gauge tadi, dan tutup juga valve pada tabung freon.
5. Nyalakan mesin dan ac pada setting fan yg paling cepat dan suhu yang paling rendah / dingin dalam keadaan jendela terbuka.
6. Setel engine hingga running pada rpm 1100 sampai 1500.
7. Buka ke 2 valve manifold (Low dan High) hingga terbaca penunjukkan.
8. Idealnya, Tekanan rendah maximum 40 PSI, tekanan tinggi maximum 225 PSI.
9. Jika kurang, berarti freon harus ditambah.
10. Tutup kembali semua valve, lalu buka sedikit valve tabung.
11. Buka Valve Biru atau low pressure -disinilah proses pengisian froen berlangsung. Tunggu sesaat sampai penunjukkan akan naik dan terbaca 35 (hingga 40) PSI.
12. Dengan mesin tetap menyala, tutup valve low press dan tutup valve tabung.
13. Buka kembali ke 2 valve low and high. Step ini dalah prose pembacaan penunjukkan, jika high pressure belum mencapai 200 PSI, ulangi langkah 10.
14. Begitu seterusnya sampai pembacaan maximal pada point 8.
15. Jika terjadi ketidak sesuaian pembacaan antara Low and High, berarti ada sistem yang tdk bekerja sempurna, indikatornya bisa baca di:

NB. 1. Untuk tabung dengan isi Liquid freon, sebaiknya tabung direbahkan atau dibalik saat pengisian.
2. Sebaiknya setelan suhu paling dingin (bisa diputar maximal dari thermostat yg dipasang dekang evaporator ac). Tujuannya agar saat proses pengisian berlangsung, ac tetap hidup terus, tdk mati karena terputus oleh Thermostat. Dan itu juga salah satu alasan kenapa Jendela atau pintu sebaiknya di buka.
3. Pengisian sebaiknya dilakukan dengan bukaan valve tabung yg kecil saja, hingga freon yang masuk sedikit demi sedikit (bukan sekaligus).
Tidak tahu persis alasannya, mungkin supaya Kompresor tdk mendadak bekerja berat akibat mendapat tekanan yang langsung besar.

Semoga bermanfaat,

ProduA kancil repair

Salam sejahtera....

Tima kasih kerana menjenguk blog ini.
Kat sini aku nk tunjuk gambar enjin yg aku dapati ada kebocoran minyak enjin dan ianya berkurangan.
Ramai yg x sedar akan kehilanganya ...
Apa pun korang kena peka ... Kebocoran boleh dikesan dgn 2 cara .
1. Tinggalkan kereta pada jangkamasa dalam 4- 1 hari . mesti terdapat tumpahan minyak di atas lantai /tanah.
2. Bagi yg berani jeck kereta dan kenalpasti tmpat kebocoran.
Apa pun yg penting ialah  :-
Apabila engine dalam keadaan panas lelehan setiap kebocoran minyak pada enjin boleh kering dan ditingglkn kesan .
Komponen yg mudah panas ialah:-
1. Blok selinder
2.head
3. Rotor distributor
4. Oil sump
5. Exhaust
6. Trottle body
7. Intake monifull
8. Kompressor
9. Altenator
10. Caburator

Bukan mudah nk buat keputusan pada sesuatu kerosakan, kemahiran mesti ada tak bnyak pun sikit kena tau.
Sekian tima kasih.
#supportorangmelayu
#cubabarutau
#zainimekanik.blogsport. com

Sunday, March 5, 2017

SERVICE AIR COND ISWARA

Salam sejahtera.

Duty ari ni dapat job kes air cond kurang sejuk dan bunyi bising pada kompresor sewaktu ac dijalankan.
Kerja membongkar unit blower n cooling coil pada bawah dashboard .
Setelah dikeluarkan aku cuci cooling coil dgn chamical ianya untuk keluarkn kotoran dan membntu penyerpan haba.  Berikutnya blower , fan dan filter. Lebih baik tukar exspansion valve alang2 dah buka buat service.
Pemasangan unit service pada kenderaan.. Memang memerlukan kesabaran dan teliti.  Misi selesai..
Procses pengisian gas freon ac.
Jangan lupa vacuum paip system ac untuk memstikn tiada udara ,wap air pada system ac. Selesai .
Isi gas pada low side pada 35psi dan high pressure 150 psi. Selesai.
Tutup kran monifold keduanya dan kran gas . misi selesai.
Amati meter pada kadar yg terbaik.

Semoga dapat sedikit ilmu pada sapa yg menjengok blog saya.
Tq.
Zainimekanik.blogsport.com


Wednesday, March 1, 2017

Isi freon gas mobil sendiri

– AC mobil merupakan sistem pendingin ruangan atau kabin mobil sehingga udara di dalamnya terasa sejuk. Saat ini dapat dikatakan jika AC merupakan kebutuhan pokok setiap mobil di daerah dengan suhu udara cukup panas seperti di Indonesia. Oleh sebab itulah semua produsen mobil mengaplikasikan AC pada hampir setiap unit mobil yang mereka produksi. Tingkat kenyamanan dalam berkendara merupakan salah satu acuan atau faktor yang sangat diperhatikan oleh para produsen mobil sehingga para pegendara akan merasa puas membeli produk yang mereka tawarkan. Coba saja anda bayangkan jika anda sedang berkendara dengan cuaca yang sangat terik apalagi jika ketika anda terjebak kemacetan yang cukup parah, tentunya hawa panas akan menyiksa anda.

Salah satu komponen atau bagian terpenting dalam sistem kerja AC mobil adalah difregerant atau freon. Freon merupakan cairan khusus yang berguna untuk menciptakan hawa sejuk sehingga dapat mendinginkan udara di dalam kabin mobil. Karena berupa cairan yang diuapkan untuk menyejukan ruangan, maka freon sudah pasti akan habis. Biasanya freon habis disebabkan adanya kebocoran yang terjadi pada selang – selang atau pipa – pipa yang menghubungkan beberapa komponen AC mobil. Sebenarnya mengisi freon paling tepat dilakukan oleh orang yang berkompeten dalam masalah AC mobil, namun dalam artikel kali ini Dokter Mobil akan berbagai sedikit mengenai cara mengisi freon mobil jika anda ingin mengisi freon mobil anda sendiri. berikut langkah – langkah yang harus anda lakukan.

Cara Mengisi Freon AC Mobil

Pertama – tama pastikan anda mengamati dan mengecek kinerja beberapa Komponen AC Mobil anda bekerja dengan normal. Beberapa komponen tersebut antara lain Kondensor, Kompresor, Expansion Valve, Evaporator dan fan blower. Teliti dengan betul aliran refrigerant atau freon pada sight glass. Jika anda menemukan gelembung – gelembung pada kaca tersebut, dapat dipastikan jika freon AC mobil anda harus di isi ulang, namun jika anda tidak mendapati gelembung dan hanya ada air mengalir maka freon AC anda cukup dan tidak perlu dilakukan pengisian ulang.

Jika memang freon anda perlu di isi ulang, maka kosongkan terlebih dahulu sisa freon pada AC moil anda. caranya dengan menutup katup manifold gauge lalu hubungkan manifold gauge tersebut dengan selang merah menuju nipel dengan tekanan tinggi dan selang biru pada nipel yang bertekanan rendah serta selang hijau menuju pompa vakum. Bila telah terpasang dengan benar bukalah salah satu katup pada manifold kemudian hidupkan pompa vakum. Amati ukuran yang tertera pada vakum gauge sampai angkanya menunjuk kurang lebih 600mmHg (23,62 inHg; 80 kPa)
Bukalah sisi katup manifold yang satunya supaya vacuum bekerja lebih efisien karena bekerja pada kedua sisinya. Baca kembali angka pada vacuum gauge lalu pastikan sistem tersebut telah bersih dari uap, udara dan air dan angka menunjukan 750 mmHg (29,53 in Hg; 99,98 kPa). Biarkan pompa vakum tetap menyala selama 30 menit. Setelah itu, tutup kedua katup manifold sebelum anda mematikan pompa vacuum. Tunggulah kurang lebih 15 menit dan amati angka pada meteran tersebut, jika terjadi penurunan maka ada kebocoran pada sistem AC mobil anda.
Itulah cara menganti freon pada AC mobil anda. Namun lebih bijak rasanya jika anda mempercayakan pengisian freon mobil anda pada orang yang lebih berkompeten untuk mengatasi masalah kebocoran yang mungkin terjadi.

Nah jadi ertinya jika AC Mobil bau Apek, tidak segar, tidak panas sudah pasti masalah ada di Freon nya, Semoga sedikit ulasan tersebut berguna bagi anda, dan selamat mengganti freon AC mobil anda.

#nyamanselesa
#zainimekanik18